Unswagati TV Dilauching, Jadi TV Kampus Pertama di Wilayah Cirebon

Unswagati TV Dilauching, Jadi TV Kampus Pertama di Wilayah Cirebon

275
SHARE

CIREBON- Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon terus menjaga komitmen sebagai kampus bermutu dan kebanggan masyarakat. Selain meraih akreditasi institusi B, seritikat ISO dan membangun jejaring internasional kini memiliki media pendidikan yakni Unswagati TV. Launching Unswagati TV (UTV) oleh Rektor Unswagati Prof Dr H Rochanda Wiradinata MP dilakukan di selasar lantai dasar kampus III Unswagati, di Jl Terusan Pemuda, No 1A, Rabu (1/3).

Launching TV kampus pertama di wilayah Cirebo ini disaksikan oleh Dekan FISIP Unswagati Dr H Mukarto MSi, selaku penanggungjawab TV kampus, Wakil Rektor IV (WR) H Nasir Asman Drs MM selaku pemrakarsa . selain itu hadir juga oembina Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati, Dr H Sudarminto SH MH, WR II H Acep Komara Drs SE MSi, WR III Dudung HIdayat SH MH, para kepala badan, satuan dan lembaga dan para dekan di lingkungan Unswagati.

TV kampus Unswagati TV tersebut akan berada di kanal frekuensi channel 53 UHF, frekuensi : 727, 25 Mhz, dengan jangkauan siar: 2,5 – 5 kilometer. Pilihan kanal frekuensi tersebut tengah diajukan ke Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat , KPI Pusat dan Balai Monitor (Balmon) untuk mendapatkan legalitas formal.

Rektor Unswagati Prof Dr H Rochanda Wiradinata mengaku bangga tak terhingga karena unswagati kini telah memiliki media komunikasi yang tengah trend, yakni televisi kampus. Televisi kampus Unswagati Tv yang baru saja diresmikan ini merupakan televisi komunitas pendidikan yang ada di lingkungan kampus Unswagati. “Program yang digagas Bidang IV universtitas dan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unswagati apalagi saat ini kebutuhan laboratorium komunikasi visual tidak dapat ditunda-tunda lagi seiring perkembangan dunia informasi dan komunikasi yang semakin massif,” katanya.

Prof Djohan—panggilan akrab Rektor Unswagati—berharap Unswagati TV ini dapat memacu kehidupan akademik dan iklim keilmuan di lingkungan kampus agar semakin dinamis. “Prestasi akademik mahasiswa, dosen, staf, karyawan kampus dan seluruh organisasi kemahasiswaan di kampus bisa terekspose. begitupun potensi kampus bisa dieksplorasi secara maksimal lewat kemasan program-program siaran yang tentunya berdampak pada citra positif dan khusus bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi dapat menjadikan laboratorium pengembangan keahlian dan disiplin ilmunya,” jelas rektor.

Di samping itu, mahasiswa juga memiliki kegiatan yang positif dan produktif sesuai dengan minat dan bakatnya, sebagai bekal ekstra kulikuler, yang dapat dikembangkan di dunia kerja selepas lulus kuliah. “Sosialisasi program-program kampus juga bisa dikampanyekan melalui program tayangan yang bisa disiarkan melalui televisi kampus, yang tidak hanya disimak civitas akademika melainkan pula oleh masyarakat sekitar kampus,” paparnya seraya berharap reakreditasi prodi Ilmu Komunikasi akan meraih nilai B, atau syukur-syukur bisa A.

Sementara itu dalam sambutannya, Dekan FISIP Dr H Mukarto Siswoyo, M.Si mengaku turut berbangga dan bersyukur dapat Launching Televisi Kampus Unswagati TV. “TV kampus ini mungkin hanya satu-satunya kampus di wilayah tiga Cirebon, kami bersyukur televisi kampus ini menjadi laboratorium bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unswagati, sebagai sarana meningkatkan skill dan knowledge di bidang media dan penyiaran publik bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi,” katanya.

Dijelaskan Mukarto, setelah melakukan survei teknis dan pengecekan kanal frekuensi yang free dan memungkinkan bagi stasiun televisi komunitas selanjutnya dilakukan pendirian tower dan pemasangan instalasi pesawat sampai frekuensi stay tune sehingga dapat on air. Kemudian dilanjutkan pengerjaan ruang produksi dan studio siaran, pemenuhan peralatan produksi, mempersiapkan prasyarat data-data yang diperlukan untuk perijinan televisi komunitas bersama Bidang IV sampai dengan menyiapkan program siaran televisi dengan program-program yang berkualitas yang mendukung iklim akademik.

“Unswagati TV sudah mendesain program siarana berupa news, feature, magazine, talkshow, reality show, intertainment, program tutorial dan library digital. semua program itu berisi tentang akademik, kemahasiswaan, pengembangan sains dan tekhnologi, maupun program-program hiburan yang tentunya bernilai positif.

Mukarto yakin dengan SDM yang mumpuni di bidangnya. dengan sumber daya dosen progam studi ilmu komunikasi yang berlatarbelakang praktisi media, mahasiswa dapat diarahkan dalam pengelolaan program siaran dan operasional produksi TV. “Meskipun dikelola Fisip dan mahasiswa Ilmu Komunikasi, tidak menutup kemungkinan terbuka bagi mahasiswa dari fakultas lain untuk turut bergabung mengisi konten program siaran melalui wadah kelompok studi mahasiswa (KSM) bidang penyairan atau broadcasting,” paparnya.(mj)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN